PENGANTAR UNTUK PESERTA MK SEMIOTIKA

Blog ini versi online buku ajar yang dipersiapkan untuk MK Semiotika. Karenanya, bahasa yang digunakan disesuaikan dengan gaya online. :-) Mudah-mudahan bahasa gaya online, yang lebih "encer" dibandingkan dengan bahasa buku ajar, bisa bikin mudah Anda memahami konsep-konsep semiotika.

Untuk mendapat hasil terbaik, bacalah setiap posting secara berurutan; jangan melompat-lompat, nanti malah bingung sendiri. Selanjutnya, kerjakan tugas yang diberikan. Namanya juga belajar, mesti ada tugas, sedangkan tugas, ya ... harus dikerjakan.

Isi blog ini dimaksudkan sebagai bahan untuk Anda pelajari secara mandiri. Namun, silakan berdiskusi sesama Anda (atau tanya saya) seandainya memerlukan penjelasan lebih jauh.

Saya sediakan link (berupa ebook, file dokumen, dan video) yang bisa Anda akses. Silakan klik link-link itu untuk memperoleh pemahaman lebih jauh tentang semiotika.

Seperti lazimnya halaman blog, Anda bisa menuliskan komentar untuk setiap posting. Komentar itu boleh berupa pertanyaan, pendapat, sanggahan, tambahan info, atau apapun yang menurut Anda berguna dan berkaitan dengan MK Semiotika.

BTW, Anda bisa juga klik link ke blog saya yang lain. :-)

Selamat Belajar, ya ....

3 comments:

Anonymous said...

ass...pak,,,kok tidak ada yang terbaru ci dalam beberapa minggu nih......

Anonymous said...

hehe...maaf,,,maksudnya materinya, padahal saya mau baca lagi lho...hehehe.....

Unknown said...

saya mau numpang tanya nich..
saya sekarang sedang menyusun skripsi dengan judul (”makna desain komunikasi visual pada sampul majalah remaja – analisis semiotik pada sampul majalah GIRLFRIEND Indonesia”)..

nah, di skripsi ini saya pake teori semiotik nya Peirce…
tapi saya masih kurang mengerti bagaimana menghubungkan skripsi saya, yang nantinya akan menganalisa bentuk, gambar, tipografi, warna, layout pada sampul majalah itu dengan menghubungkan ke teori segitiganya Peirce…
yang mana yang menjadi sign, interpretant n objeknya…

saya harap bapak bisa bantu nich..hehehe…
dengan memberikan contoh mungkin…

thx yach..
-shintani-