Apakah Tanda? (3)

Lebih Jauh Mengenai Definisi Tanda C.S. Peirce


Artikel sebelum ini menjelaskan pengertian tanda menurut Peirce. Sekarang saya lanjutkan, ya. Jadi artikel yang Anda baca ini masih mengajak Anda memahami definisi tanda Peirce. Okey?

Sekarang Anda bisa menukik lebih jauh. Untuk itu silakan perhatikan definisi tanda Peirce dalam bentuk lengkapnya berikut ini.

A sign, or representamen, is something which stands to somebody for something in some respect or capacity. It addresses somebody, that is, creates in the mind of that person an equivalent sign, or perhaps a more developed sign. That sign which it creates I call the interpretant of the first sign. The sign stands for something, its object. It stands for that object, not in all respects, but in reference to a sort of idea.


(Suatu tanda, atau representamen, adalah sesuatu yang bagi seseorang mewakili sesuatu [yang lain] dalam kaitan atau kapasitas tertentu. Tanda mengarah kepada seseorang, yakni menciptakan dalam pikiran orang itu suatu tanda lain yang setara, atau bisa juga suatu tanda yang lebih terkembang. Tanda yang tercipta itu saya sebut interpretan dari tanda yang pertama. Suatu tanda [yang pertama] mewakili sesuatu, yaitu objek-nya. Tanda [yang pertama] mewakili objeknya tidak dalam sembarang kaitan, tetapi dalam kaitan dengan suatu gagasan tertentu.)


Kalau Anda cermati, ada tiga komponen dalam definisi tanda Peirce, yaitu representamen, interpretan, dan objek. Karena itu, definisi tanda Peirce disebut triadik—bersisi tiga. Perhatikan gambar segitiga tanda Peirce ini.



Segitiga itu kita sebut segitiga tanda karena terdiri atas tiga komponen yang membentuk suatu tanda. Jadi, tanda terjadi dari tiga komponen itu: representamen, interpretan, dan objek (Nöth, 1995:42).

Ayo, kita periksa satu demi satu tiga komponen atau unsur tanda Peirce ini.

Representamen


Sesuatu dapat disebut representamen jika memenuhi dua syarat, yaitu

(1) bisa dipersepsi, baik dengan pancaindera maupun dengan pikiran/ perasaan; dan
(2) berfungsi sebagai tanda.

Jadi, representamen bisa apa saja, asalkan berfungsi sebagai tanda; artinya, mewakili sesuatu yang lain.

Oya, sekadar catatan tambahan. Nanti akan dibahas definisi tanda Saussure, tapi yang sekarang perlu Anda ketahui ialah representamen Peirce identik dengan penanda Saussure. Inget, ya ....

Objek


Objek ialah komponen yang diwakili tanda; objek ialah “sesuatu yang lain” (ingat artikel tentang pengertian tanda Eco?).

Komponen ini bisa berupa materi yang tertangkap pancaindera, bisa juga bersifat mental atau imajiner.

Interpretan


Interpretan adalah arti. Beberapa istilah lain yang acapkali digunakan Peirce untuk menyebut interpretan ialah “significance”, “signification”, dan “interpretation”.

Peirce mengatakan bahwa interpretan juga merupakan tanda. Mengenai hal ini akan dibahas pada artikel berikutnya. Tunggu tanggal maennya. :-)

Nah, segitu saja dulu ya.

Sebagai tugas, coba kalian beri contoh tanda untuk definisi Peirce. Caranya, gunakan segitiga itu ya. Misalnya, representamennya apa, objeknya apa, dan interpretannya apa. Paham kan?

Tautan ke buku semiotika Charles Sanders Peirce di Amazon.com:

A General Introduction to the Semiotic of Charles Sanders Peirce

Ini gambar bukunya:

2 comments:

Anonymous said...

ass, maaf sebelumnya saya ingin menanyakan adakah contoh terperinci dalam kehidupan sehari2 mengenai interpretan, representamen dan objek?
terima kasih.

Ndrii Indrii said...

bisa cantumkan daftar pustakanya??
supaya lebih jelas dan terpercaya.

terima kasih